Home / BERITA TERBARU / Wujud Kepedulian Dalam Melestrikan Budaya Warga Desa Jangkar Melakukan Tradisi Petik Laut

Wujud Kepedulian Dalam Melestrikan Budaya Warga Desa Jangkar Melakukan Tradisi Petik Laut

garismerahnews.com
SITUBONDO-JAWA TIMUR
Acara adat atau ritual arung saji sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan, dan memohon berkah rezeki dan keselamatan yang dilakukan oleh para nelayan menghadirkan antusias warga ( Rabu 29 Juni )

tradisi petik laut merupakan kearifan lokal yang di selenggarakan setiap tahun untuk menyukuri dari hasil laut, dalam proses acara sakral tersebut masarakat melarung sesaji ke tengah laut dengan menggunakan perahu.

Sesaji yang dilarung oleh para nelayan diangkut dengan menggunakan perahu mini. Sesaji tersebut adalah kepala sapi beserta sejumlah hasil bumi lainnya.

Menurut keterangan ketua panitia, Edi karyianto, acara petik laut ini sudah kami persipkan jauh jauh hari, dengan swadaya masyarakat nelayan dan pedagang ikan maupun lainnya.

Acara ini di meriahkan dengan acara hiburan pawai berserta pengajian dan ludruk, acara pengajian bhening sudah kami laksanakan tadi malam dan hari ini masuk kecara selanjutnya yaitu, acara arung saji, katanya.

Pada perayaan acara arung saji desa Jangkar, di hadiri dan di resmikan langsung oleh wakil bupati Situbondo ibu hj Khoirani. Dalam sambutannya orang nomor dua di Situbondo mengatakan, sebagai budaya ketimuran tradisi petik laut ini merupakan kearifan lokal perlu kita rawat dan terus lestarikan.

pemerintah akan terus berusaha mendorong tuk membantu dari aspek fasilitas sarana dan suber daya, bagaimana hasil tangkapan para nelayan bisa meningkat, dan juga para pedagang ikan. dan jangan lupa memohon kepada Allah agar selalu diberikan hasil tangkapan yang melimpah. Acara tersebut di tutup dengan tari tarian tradisional.

Pewarta Taufik Hidayat
Publisher: Ajisaka

 2,200 total views,  2 views today

Check Also

Jadi Irup HUT RI Ke-77, Gubernur Ajak Masyarakat Bangkit Bersama Pulihkan Kondisi agar Lampung Lebih Kuat

BANDAR LAMPUNG (GMNews)-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.