Home / BERITA TERBARU / Sudah 2 ribu Bantuan BPUM, Masyarakat Pesibar Segera Daftar

Sudah 2 ribu Bantuan BPUM, Masyarakat Pesibar Segera Daftar

Pesisir Barat (GMNews) – Bantuan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari pemerintah pusat resmi diperpanjang hingga tahun 2021. Namun angka yang diterima para pelaku usaha kecil atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tidak sama dengan tahun sebelumnya, Selasa (13/04/2021).

Diketahui tahun 2020 yang lalu, bantun tersebut sebesar 2,4 juta setiap pelaku usaha kecil atau UMKM, sedangkan tahun ini hanya tersisa 1,2 juta untuk setiap penerima manfaat.

Disambangi di ruang kerjanya, Kabid M lrsyad Koperasi dan UKM pada Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pesisir Barat membenarkan hal tersebut.

Ia menyebut, selain jumlah yang diterima penerima manfaat berbeda, pengusulan pun sudah satu pintu melalui Diskoperindag, tidak lagi melalui perbankan dan perusahaan.

“Pengusulan hanya satu pintu melalui dinas Koperindag pendaftaran sejak awal bulan April, juga tidak ada batas pendaftaran. Setelah itu kita kirim ke Provinsi dan mereka yang meneruskan ke Kementrian. Kalau tahun lalu kita yang langsung ke Kementrian,” ungkapnya.

Namun untuk teknis penyaluran bantuan terusnya, masih sama dengan tahun lalu, di transfer langsung ke rekening penerima manfaat dan diberitahu melalui notifikasi SMS.

Ditanya berapa jumlah pendaftar hingga hari ini, “menyebut berkisar 2000 pendaftar berasal dari sejumlah Pekon (Desa), kelurahan maupun Kecamatan yang ada di pesisir Barat tetapi data tersebut belum dilakukan input.” Terangnya.

Di jelaskannya, ” Untuk kuota ditahun ini tidak ada batasan, pendaftaran di tunggu hingga bulan September selain itu juga pengusulan cukup mudah seperti
-1. Surat keterangan usaha yang di tanda tangani peratin ( kepala desa)
-2. foto copy KTP
-3. nomor handphone.
-4. dan kartu keluarga (KK) “pungkas Kabid koperasi dan UKM M.Irsyad. (yus/byg)

Check Also

TAK PUAS DENGAN KINERJA RESKRIM POLRES SITUBONDO PELAPOR MENGADU KE POLDA JATIM

  Tak Puas Dengan Pelayanan Serta Kinerja Reskrim Polres Situbondo Pelapor Di Dampingi Ketua LSM …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *