Home / BERITA TERBARU / SMAN 01 Tuba Tengah Giat Latihan Musik Daerah Lampung

SMAN 01 Tuba Tengah Giat Latihan Musik Daerah Lampung

PANARAGAN (GMNews) – Dalam rangka melestarikan budaya Lampung, SMA Negeri 01 Tuba Tengah mengadakan latihan musik klasik Lampung. Kegiatan ini dilakukan dua kali dalam sebulan.

Demikian diungkapkan Kepala SMAN 01 Tuba Tengah Surdin Efendi, S.Pd., Jumat (17/1/2020).

Kegiatan yang masuk dalam mata pelajaran ekstra kurikuler tersebut, dipandu oleh tenaga yang ahli dalam bidangnya.

“Hal ini kami lakukan agar siswa/siswi memahami musik klasik dan bisa melestarikan budaya dan kesenian daerah Lampung,” kata Sirdin.

Menurutnya, jenis musik yang diajarkan di sekolahnya disebut musik klasik karta.

Dalam penyajiannya, lanjut Sirdin, jenis musik yang diiringi dengan gitar klasik ini merupakan suguhan musik berharmonisasi tinggi, memadukan antara syair lagu yang sarat akan makna kehidupan serta petikan nada yang indah.

Di masyarakat suku Lampung baik Pepaduan maupun Saibatin sendiri, gitar klasik dan lagu tradisional Lampung merupakan bagian dari kehidupan, dan akan ditampilkan saat upacara adat hingga perayaan pesta pernikahan.

“Seiring dengan perkembangan zaman, kita harapkan penikmat musik tradisional Lampung bukan hanya datang dari kalangan tertentu saja, namun kaum milenial juga harus menggandrungi musik yang menjadi budaya daerahnya,”ujarnya.

Tambahnya, mencintai budaya asli daerah sendiri merupakan identitas suatu bangsa. Maka, salah satu cara untuk mencintai budaya tersebut adalah dengan mempelajarinya.

“Dengan demikian, kita ikut mendukung pemerintah dalam dalam mempromosikan dan memajukan daerahnya melalui kesenian,” ungkap Sirdin.

(elwan)

348 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Check Also

Featured Video Play Icon

Ditresnarkoba Polda Lampung Sukses Bekuk Jaringan Narkoba

BANDAR LAMPUNG (GMNews) – Ditresnarkoba Polda Lampung sukses bekuk jaringan narkoba jenis sabu dan extacy …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *