Home / BERITA TERBARU / Panen Raya di Pesibar, HKTI: Untuk Hasil Panen Maksimal, Petani Baiknya Gunakan Pupuk Bio Alga

Panen Raya di Pesibar, HKTI: Untuk Hasil Panen Maksimal, Petani Baiknya Gunakan Pupuk Bio Alga

PESISIR BARAT (GMNews) – Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Lampung dan Ketua HKTI Pesibar melakukan panen raya padi, di Pekon Way Nukak, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Senin (23/3/2020).

Ketua HKTI Rahmat Mirzani Djausal mengatakan, terjadinya peningkatan jumlah produksi panen gabah kering merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pembangunan di bidang pertanian dan tanaman pangan yang memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan stabilitas produksi pangan nasional.

“Kami prihatin terhadap kendala yang dihadapi para petani gabah, saat ini para petani belum sepenuhnya merasakan hasil panen, akibat tidak sesuai dengan biaya produksi, dari pengolahan sampai panen,” ujar Rahmat.

Selanjutnya, Rahmat juga menjelaskan nilai produksi sangat tinggi dikarenakan harga pupuk juga tinggi, oleh karena itu HKTI Provinsi Lampung dan HKTI Pesibar mengenalkan pupuk organik bio alga yang harganya relatif murah.

“Keberadaan pupuk bio alga ini merupakan hasil binaan dari HKTI Provinsi Lampung, satu hektar tanah cukup menggunakan delapan botol bio alga dengan hasil 12 ton gabah kering,” tambahnya.

Penggunaan pupuk organik bio alga, menurut Rahmat, diharapkan dapat meningkatkan hasil panen dengan kualitas gabah yang baik, selain meningkatkan hasil produksi atau panen.

“Dengan hadirnya bio alga, selain meningkat hasil panen gabah dikalangan petani, diharapkan juga akan dapat meningkatkan stabilitas ketahanan pangan nasional untuk menghindari impor bahan pangan terutama beras,” pungkasnya.

(byg)

 118 total views,  3 views today

Check Also

Anggota DPRD Lambar Minta Pemerintah Siapkan Skema Bantuan Akibat Covid-19

LAMPUNG BARAT (GMNews) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat Nopiyadi meminta pemerintah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *