Home / LAMPUNG / Pesisir Barat / Normalisasi Way Saral Atasi Permasalahan 90 Hektar Sawah

Normalisasi Way Saral Atasi Permasalahan 90 Hektar Sawah

PESISIR BARAT (GMNews) – Rencana Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021 untuk menormalisasi Way Saral disambut baik oleh masyarakat Kecamatan Krui Selatan, karena akan mengatasi 90 hektar sawah yang selalu terendam air bila hujan tiba.

Menurut Peratin Pekon Mandiri Sejati Nurkholis, aliran air Way Saral sudah ada yang tertutup oleh pepohonan, seperti pohon waru, pohon bakau dan ecenggondok. Bahkan akar akar pohon tersebut menutupi aliran sungai, selain pendangkalan sedimen-sedimen lumpur.

Lebih lanjut Nurkholis menjelaskan, bila hal ini dibiarkan akan ber pengaruh pada 90 hektare sawah yang berada di Hulu way Saral ini, karena bila hujan tiba air susah surut sehingga akan menggenangi sawah, yang berakibat rusaknya tanaman padi,” jelas Nurkholis, Selasa (11/1 ) di kantornya.

Menurutnya, usulan tersebut sudah disampaikan pada Bupati.

“Alhamdulillah mendapat respon yang positif. Bupati sudah meminta Dinas PU untuk menganggarkan normalisasi sungai Way Saral pada tahun 2021,” jelas Nurkholis.

Menurut informasi yang didapat GMNews, Way Saral ini bukan hanya akan dikeruk tetapi akan ditalut kiri kanannya dan dimuaranya akan diberi pintu sehingga bisa dibuka tutup tergantung kepentingan.

Salah seorang masarakat yang bernama,Buyung menyambut baik rencana pemerintah tersebut
untuk menormalisasai Sungai Way Saral.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan rencana pemerintah tersebut benar adanya, agar saat air pasang tidak merendam sawah kami lagi,” harap Buyung.

(byg/yus)

 260 total views,  2 views today

Check Also

Dana Desa Ludes, Proyek Air Bersih Pekon Padang Rindu Mangkrak

PESISIR BARAT (GMNews) – Warga Pekon Padang Rindu, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat, mengeluhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *