Home / BERITA TERBARU / Menilik Kebebasan Pers Di Indonesia Dalam Peringatan Hari Pers Sedunia

Menilik Kebebasan Pers Di Indonesia Dalam Peringatan Hari Pers Sedunia

Bandar Lampung (GMNews) – Hari Kebebasan Pers Sedunia yang diperingati setiap 3 Mei dimaksudkan untuk menyuarakan hak menyampaikan pendapat tanpa diancam ataupun dibungkam.

Namun, kasus kekerasan terhadap jurnalis masih menjadi ancaman serius terhadap kebebasan pers di Indonesia. Meski mendapatkan perlindungan dari Undang-undang Pers sejak 1999, wartawan masih saja dihalang-halangi dalam bekerja. Mereka diancam, diperlakukan secara buruk, bahkan menjadi korban kekerasan baik nonfisik maupun kekerasan fisik. Kekerasan terhadap jurnalis bukan hal baru dalam dunia pers di Tanah Air.

Terdapat 90 kasus kekerasan terhadap jurnalis sepanjang Mei 2020 hingga Mei 2021. Angka ini meningkat dari periode yang sama sebelumnya yaitu 57 kasus.

Dapat kita lihat, baru-baru ini dua jurnalis dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Marhaen Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta dikabarkan ditangkap polisi saat tengah meliput aksi buruh dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Jakarta, Sabtu (1/5/2021).

Keduanya atas nama Chaerul Anwar dan Suandira Azra Badrianan. Padahal mereka telah menunjukan kartu pengenal Pers dan PDL LPM Marhaen.

Sudah berkali-kali jurnalis menjadi korban kekerasan, korban intimidasi, juga korban alat kerjanya dirusak. Saya berharap oknum-oknum ini mau belajar, mau membaca Undang-Undang Pers, dan mau memahami bahwa kerja pers adalah untuk kerja publik, kerja pers adalah untuk mencari informasi agar kebutuhan publik akan informasi itu terpenuhi.

Kebebasan pers dalam ruang demokrasi harus dijaga. Melalui media massa, masyarakat juga bisa menyampaikan pendapat dan aspirasinya. Ketika media massa tak lagi merdeka, nantinya juga bisa berdampak pada berkurangnya hak atas informasi yang diterima masyarakat. (rls)

 268 total views,  2 views today

Check Also

Data Operasi Ketupat Krakatau 2021 Polda Lampung

Bandar Lampung (GMNews)  – Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad selaku Kepala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *