Home / BERITA TERBARU / Mahasiswa KKN Unila Lakukan Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Teknik Silase

Mahasiswa KKN Unila Lakukan Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Teknik Silase

Way Kanan, Lampung (GMNews) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) periode 1 tahun 2023 Kampung Mulya Jaya, Kecamatan Rebang Tangkas, Kabupaten Way Kanan. Lakukan sosialisasi dan pelatihan pentingnya silase dan teknik pembuatannya untuk para petani yang beternak kambing dan sapi, pada Rabu (18/01/2023)

Kegiatan ini dilakukan agar beternak menjadi salah satu usaha yang digiati oleh masyarakat setempat sehingga kegiatan beternak tidak hanya menjadi kegiatan sampingan selain bertani.

Sosialisasi dan pelatihan ini dihadiri oleh peternak, Kelompok Tani, KWT dan masyarakat Kampung Mulya Jaya, diharapkan yang hadir pada kegiatan ini mendapat informasi dan pengetahuan tentang cara pembuatan pakan teknik silase, hingga dapat disebarluaskan kepada masyarakat lainnya.

Erlangga siswijaya selaku Koordinator Desa KKN Unila mengatakan banyak kegiatan dan program yang akan dan telah dilakukan mahasiswa KKN Unila dibidang pertanian dan peternakan bersama masyarakat yang ada di Kampung Mulya Jaya.

“Contohnya seperti kemarin penanaman hortikultura pengolahan lahan sampai bisa ditanami , pada hari ini (18/01/23) kami mahasiswa KKN akan membagi ilmu mengenai cara pembuatan dan pentingnya pakan teknik silase, semoga ilmu yang kami berikan bisa bermanfaat dan dapat diterapkan sebagaimana mestinya,” ungkap Erlangga.

Teknik Silase sendiri merupakan pakan hijauan ternak yang diawetkan yang disimpan dalam kantong plastik yang kedap udara atau silo, drum, dan sudah terjadi proses fermentasi dalam keadaan tanpa udara atau anaerob, dapat disimpan dalam waktu lama berkisar antara 3-6 bulan.

Tujuan pembuatan silase adalah untuk memaksimalkan pengawetan kandungan nutrisi yang terdapat pada hijaun atau bahan pakan ternak lainnya, hingga dapat disimpan, untuk kemudian diberikan sebagai pakan bagi ternak, solusi mengatasi kesulitan dalam mendapatkan pakan hijauan pada musim kemarau atau minim pakan.

Kepala Kampung Mulya Jaya, Jon Hendri menyambut baik program dan kegiatan pendampingan dan pembuatan pakan ternak teknik silase yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unila. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir pada kegiatan ini.

Jon Hendri menambahkan kegiatan ini sudah menjadi program mahasiswa KKN yang akan dipraktikan di Kampung Mulya Jaya, mungkin banyak yang belum tahu bagaimana cara beternak yang baik dan menjadikan beternak menjadi usaha sampingan yang lebih mudah, lebih maksimal hasilnya dan menjadi peluang ekonomi bahkan bisa menjadi usaha yang utama nantinya.

“Sebagai Kepala kampung saya merasa senang sekali akan kegiatan ini karena memberikan banyak ilmu dan pengetahuan yang dapat diterapkan oleh masyarakat Kampung Mulya jaya, selain itu juga memberikan manfaat dan kebaikan untuk kampung ini,” pungkasnya.

Check Also

Pesantren Darul Ulum Tanggamus Membuka peluang Bisnis Hinga Panen Perdana Usaha Ayam Broiler, Hasilkan Rp80 Juta

TANGAMUS. GMNews Pesantren Darul Ulum Gunung Batu, Margoyoso Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung sukses mengembangkan budi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *