Home / BERITA TERBARU / Jadi Irup HUT RI Ke-77, Gubernur Ajak Masyarakat Bangkit Bersama Pulihkan Kondisi agar Lampung Lebih Kuat

Jadi Irup HUT RI Ke-77, Gubernur Ajak Masyarakat Bangkit Bersama Pulihkan Kondisi agar Lampung Lebih Kuat

BANDAR LAMPUNG (GMNews)-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, di Lapangan Korpri, Kompleks Kantor Gubernur, Bandar Lampung, Rabu (17/8/2022).

Dalam amanatnya, Gubernur Arinal mengajak masyarakat bangkit bersama agar Provinsi Lampung lebih kuat. Hal ini sesuai tema Peringatan HUT RI ke-77 tahun 2022 yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Gubernur Arinal menyampaikan selama 29 bulan terakhir pandemi Covid-19 menjangkit Negeri kita. Saat ini tiba masa transisi dari pandemi menjadi epidemi. Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat sangat kita rasakan. “Meski sempat terpuruk, semua elemen masyarakat bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan dan bangkit bersama. Semangat gotong royong itu bertujuan untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor agar Provinsi bersama Kabupaten/Kota siap menghadapi tantangan global dan disrupsi jaman,” ujar Gubernur Arinal.

Sejak Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908, dan kelahiran Provinsi Lampung pada tanggal 18 Maret 1964, Lanjut Gubernur Arinal, Pembangunan secara Nasional khususnya di Provinsi dan Kabupaten/kota sudah berlari dengan terus menjaga ritme semangat kerja dan budaya inovasi kerja.

“Semangat itu pula yang terus kita gaungkan dalam upaya pengendalian Covid-19 di Provinsi Lampung. Saya meyakini, dengan sikap responsif dan persistence (gigih) serta terus bersinergi akan memperkokoh ketahanan bangsa kita, khususnya di Provinsi Lampung Sai Bumi Rua Jurai,” ungkap Gubernur Arinal.

Hal ini pun selaras dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo dalam pidato kenegaraan pada 17 Agustus 2022, dimana Negara kita Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, Indonesia termasuk ke dalam lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah kita suntikkan.

Lanjut, Gubernur Arinal menjelaskan bahwa Dinamika perkembangan indikator makro sosial ekonomi Provinsi Lampung tahun 2022 sudah menunjukkan arah perbaikan. “Kondisi tersebut didukung dengan pertumbuhan positif perekonomian Lampung Triwulan II-2022 (quarter to quarter) 9,12 persen tertinggi di Indonesia. Lampung telah mencatat sejarah,” jelasnya.

Demikian pula dengan perkembangan tingkat harga secara umum, laju inflasi bulanan Provinsi Lampung pada Januari s.d. Juni 2022 berada pada level 0,40 s.d. 1,20 persen. “Kondisi tersebut tentunya menjadi momentum yang baik untuk mendorong pemulihan ekonomi yang kita harapkan,” tambahnya.

Secara nasional Presiden menegaskan inflasi berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen dan jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen.

Bahkan, sampai pertengahan tahun 2022 ini, APBN juga surplus Rp106 triliun. Oleh karena itu, Pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, subsidi LPG, dan subsidi listrik, sebesar Rp502 triliun di tahun 2022 ini, agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi.

Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44 persen pada kuartal II tahun 2022 ini. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp364 triliun.

Capaian tersebut patut kita syukuri. Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak. Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun di sisi lain, agenda-agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju.

Lebih lanjut, Gubernur Arinal menyampaikan bahwa indikator yang terkait kesejahteraan masyarakat secara umum menunjukkan bahwa data tingkat Kemiskinan Provinsi Lampung mengalami penurunan yang cukup signifikan dari 12,76 persen Maret 2021 menjadi berada pada level 11,57 persen di bulan Maret 2022 atau menurun 81 ribu jiwa orang miskin; Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2022 yang tercatat sebesar 4,31 persen, yang berarti turun dibandingkan dengan keadaan pada Agustus 2021 yang sebesar 4,69 persen. Data tersebut telah memberi gambaran adanya perbaikan kualitas hidup masyarakat Lampung secara umum.

“Alhamdulillah pada saat Covid-19 kemarin Provinsi Lampung berhasil membuat inovasi, sehingga selama 3 tahun terakhir sampai tahun 2022 ini sudah 77 (tujuh puluh tujuh) penghargaan kita raih bersama,” jelasnya.

Gubernur Arinal melanjutkan, bahwa Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, menekankan pada pidato kenegaraannya, bahwa Indonesia memiliki banyak kekuatan dan peluang yang besar, kemudian kita memiliki kesempatan yang besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Terdapat lima agenda penting dalam pembangunan Indonesia, diantaranya yaitu : Pertama, hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam harus terus dilakukan. Kedua, selain hilirisasi, optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau harus terus kita tingkatkan.

Ketiga, perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat. Keempat, UMKM harus terus didukung agar bisa segera naik kelas. Kelima, pembangunan Ibu Kota Nusantara terus harus dijaga keberlanjutannya. IKN bukan hanya untuk para ASN, tetapi juga para inovator dan para wirausahawan.

“Maka dari itu, semua agenda tersebut harus ditopang oleh seluruh rakyat Indonesia. Kita semua harus bergerak, tak hanya berpangku tangan, tetapi saling bekerja sama dengan segenap kemampuan yang dimiliki untuk satu tujuan yang menjadi cita-cita bersama,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Arinal mengajak kita semua saling menjaga dan saling membantu. Saya menyadari ke depan masih banyak pekerjaan rumah yang menanti uluran tangan dan peran aktif kita bersama guna mewujudkan Lampung Berjaya..

Gubernur Arinal juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Bupati/Walikota, Forkopimda, Para Pimpinan Partai Politik, Para Wakil Rakyat, Perguruan Tinggi, Pelaku Industri dan UMKM, kepada tokoh masyarakat, awak media, aparat TNI dan Polri, Tenaga Kesehatan, Relawan Medis, Para Guru serta seluruh masyarakat Lampung yang turut berpartisipasi membangun Lampung di berbagai bidang.

“Semoga peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77, dijadikan sebagai titik awal bagi kita semua dalam meningkatkan kinerja, guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur,”

“Dari Lampung untuk Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Tangguh, Indonesia Maju, Lampung Berjaya,” tutup Gubernur Arinal. (Adpim)

 1,044 total views,  2 views today

Check Also

Bank Lampung Luncurkan Aplikasi QRIS, Kartu Debit dan Undian Simpeda

Bandarlampung (GMNews) – Bank Lampung meluncurkan aplikasi QRIS dan kartu debit sebagai bentuk digitalisasi layanan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.