Home / BERITA TERBARU / Aktifis Situbondo “Ambisi Perpanjangan Jabatan Kades Akan Melahirkan Kekuasan Absolut”

Aktifis Situbondo “Ambisi Perpanjangan Jabatan Kades Akan Melahirkan Kekuasan Absolut”

Situbondo – Jatim

Aksi demonstrasi yang di laksanakan oleh asosiasi kepala desa seluruh Indonesia (apdesi ) beberapa hari kemarin menuai kritikan dan cibiran banyak masarakat, tuntutan perpanjangan jabatan kepala desa enam tahun menjadi sembilan tahun tidak relevan. Taufik Hidayat salah satu pemerhati desa yang sangat aktif menyoroti kerja pemerintah desa waktu di temui kediamannya. (Senin 23 Jan 2023 )

Pasalnya Salah satu tuntutan perpanjangan jabatan kades yang di setujui oleh kementrian desa dan semua fraksi DPR RI dalam pembahasan proleknas, jauh dari kata kedaulatan rakyat. Tuntutan kepala desa hanya mencederai demokrasi yang ada di desa demi kepentingan dirinya sendiri.

UU desa sudah tegas bahwa tugas seorang kepala desa lebih dominan kepada hubungan sosio demokrasi permusawaratan dan Sosio ekonomi kemasyarakatan Sedikit sekali tugas seorang kepala desa sebagai delegasi kewenangan pelimpahan pembangunan pemerintah di atasnya. Karena semuanya tidak lepas dari sejarah desa. Kalau kepala desa menuntut jabatan sampai sembilan tahun hal ini menunjukkan kedunguan dan sesat pikir kepala desa.

Di lanjut oleh pemerhati desa, Saya harap kepada DPR RI untuk tidak merevisi pasal 39, UU Desa terkait memegang jabatan kades enam tahun, di ubah menjadi sembilan tahun, Karena hal ini akan menimbulkan dampak permasalahan baru yang ada di desa. Kedepan Desa bukannya kuat, tapi Desa di lemahkan oleh kepentingan politik dalam kontestasi pemilu 2024. Pungkasnya

Pewarta : Ajisaka

Publisher : Ajisaka

Check Also

Pesantren Darul Ulum Tanggamus Membuka peluang Bisnis Hinga Panen Perdana Usaha Ayam Broiler, Hasilkan Rp80 Juta

TANGAMUS. GMNews Pesantren Darul Ulum Gunung Batu, Margoyoso Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung sukses mengembangkan budi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *